Monday, March 30, 2020

TEORI MADELINE LENINGER

STIKES HUSADA JOMBANG


TUGAS KELOMPOK

1.     RESI DANI PUTRI                         (2019030026)
2.     NURIL AINI RAHMAWATI           (2019030022)
3.     OLIVIA B.HAE                               (2019030023)
4.     RINI KAMTI RAHAYU                 (2019030052)
5.     HENI DWI LESTARI                     (2019030018)


KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat,  Taufik, dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Teori Keperawatan Madeleine Leininger”, yang bertujuan untuk menjelaskan faktor budaya dan asuhan yang mempengaruhi kesehatan, kesakitan dan kematian manusia sebagai upaya untuk meningkatkan dan memajukan praktek keperawatan. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keperawatan dan dunia kesehatan.
            Harapan kami semoga makalah ini dapat membantu menambah pengetahuan dan wawasan serta pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi dari makalah ini agar menjadi lebih baik kedepannya.
             Kami akui makalah ini banyak kekurangan . Oleh karena itu, kami berharap para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini dan harap maklum.

Surabaya,     Maret 2020
                                                                                               
                                                                                                   Penyusun




DAFTAR ISI

Halaman sampul  .………………………………………………………………………………. 1
Kata Pengantar  .…………………………………………………………………………………. 2
Daftar isi  …….……………………………………………………………………………………… 3
BAB I Pendahuluan  ……………………………………………………….…………………… 4
            1. Latar belakang………………………………………………………...………………..……. 4
            2. Rumusan masalah……………………………………..……………………………………. 4
            3. Tujuan  .………………………………………………………………………….………………. 4
            4. Manfaat ..…………………………………………………………………….…………………. 4
BAB II Tinjauan Pustaka .……………………………………………..……………………… 5
            Madeleine Leininger’s Transcultural Theory …………….………………………… 5
BAB III Pembahasan   ………………………..……………………..………………………… 9
            Transcultural   Theory Menurut Leininger…………………………………………… 9
Daftar Pustaka …………………………………………………………………………………… 10








BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Teori merupakan sekelompok konsep yang membentuk sebuah pola yang nyata dan menjelaskan suatu proses. Teori keperawatan merupakan sekelompok konsep yang menjelaskan tentang suatu proses, peristiwa atau kejadian mengenai keperawatan yang didasari oleh fakta-fakta yang telah diobservasi. Teori keperawatan biasanya banyak digunakan untuk menyusun atau membuat suatu model konsep dalam keperawatan.
Selain itu, karena model praktek keperawatan mengandung hal-hal dasar seperti keyakinan dan nila-nilai yang menjadi dasar sebuah model. Untuk itu, dianggap sangat perlu untuk memiliki dan mempelajari mengenai teori dan model keperawatan yang telah ada karena dianggap sangat dibutuhkan oleh perawat untuk jadi acuannya.
            Bagaimana model keperawatan transcultural theory menurut Leininger ?
             Untuk mengetahui model konsep keperawatan menurut Leininger.
      Untuk menambah pengetahuan mengenai  teori dan model konsep keperawatan menurut  Leininger.


BAB II

Madeleine Leininger’s Transcultural Theory
a.         Pengertian Transcultural Theory
Madeleine Leininger pada mulanya menguraikan teori keperawatan transkultural pada tahun 1970-an, dan pada tahun 1978, Leininger menyajikan suatu model pembangkit teori untuk studi tentang teori dan praktik keperawatan transkultural. Definisinya mengenai keperawatan transkultural adalah sebagai sub bidang keperawatan yang difokuskan pada studi komparatif dan analisis dari berbagai kultur dan subkultur dengan mempertimbangkan perilaku kasih sayang mereka, asuhan keperawatan, dan nilai-nilai sehat-sakit, keyakinan-keyakinan dan pola-pola perilaku dengan tujuan mengembangkan landasan pengetahuan ilmiah dan humanistik, yang berguna untuk menyiapkan praktik asuhan keperawatan spesifik-kultur dan universal-kultur (1978:8).
Transcultural Nursing Theory. Teori ini berasal dari disiplin ilmu antropologi dan dikembangkan dalam konteks keperawatan. Teori ini menjabarkan konsep keperawatan yang didasari oleh pemahaman tentang adanya perbedaan nilai-nilai kultural yang melekat dalam masyarakat.
Fokus utama dari hasil karya Leininger adalah studi humanistik dan ilmiah tentang semua orang dari berbagai kultur mengenai cara-cara perawatn dapat membantu orang dengan kebutuhan-kebutuhan kesehatan dan hidupnya sehari-hari (1981:8). Leininger menguraikan tentang transkultural dan ethnocaring. Tindakan caring dikatakan sebagai tindakan yang dilakukan dalam memberikan dukungan kepada individu secara utuh. Perilaku caring semestinya diberikan kepada manusia sejak lahir, dalam perkembangan dan pertumbuhan, masa pertahanan sampai dikala manusia itu meninggal. Human caring secara umum dikatakan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan dukungan dan bimbingan pada manusia yang utuh. Human caring merupakan fenomena yang universal dimana ekspresi, struktur dan polanya bervariasi diantara kultur satu tempat dengan tempat lainnya Paula (2009:60).
Ethnocaring didefinisikan sebagai sebuah studi dan klasifikasi sistematis dari keyakinan, nilai-nilai, dan praktik asuhan keperawatan yang secara kognitif diterima oleh budaya tertentu melalui bahasa, pengalaman, keyakinan, dan sistem nilai setempat mereka (Leininger, 1978:8). Sedangkan ethnonursing adalah penggunaan pengetahuan tentang nilai-nilai, keyakinan, dan praktik kultur atau subkultur setempat yang berhubungan dengan kesehatan dan keperawatan.
Keperawatan transkultural mencakup mengintegrasikan pandangan, pengetahuan, dan pengalaman budaya dalam merencanakan dan mengimplementasikan asuhan khusus untuk individu dari suatu budaya. Model dari Leininger menekankan pandangan dunia, dengan mempertimbangkan beragam budaya. Model ini sangat berguna bagi perawat yang bekerja dengan individu, kelompok, keluarga, atau komunitas dengan keyakinan, nilai, dan praktik budaya yang unik. Keperawatan transkultural mencakup pengintegrasian pandangan, pengetahuan, dan pengalaman budaya dalam semua area proses keperawatan: walau demikian, model ini tidak memberikan panduan untuk mengkaji klien—individu, kelompok, atau komunitas—juga tidak memandu diagnosis, perencanaan, dan intervensi keperawatan.

b.         Konsep dalam Transcultural Nursing 

1.        Budaya adalah norma atau aturan tindakan dari anggota kelompok yang dipelajari, dan dibagi serta memberi petunjuk dalam berfikir, bertindak dan mengambil keputusan.
2.        Nilai budaya adalah keinginan individu atau tindakan yang lebih diinginkan atau suatu tindakan yang dipertahankan pada suatu waktu tertentu dan melandasi tindakan dan keputusan.
3.        Perbedaan budaya dalam asuhan keperawatan merupakan bentuk yang optimal dari pemberian asuhan keperawatan, mengacu pada kemungkinan variasi pendekatan keperawatan yang dibutuhkan untuk memberikan asuhan budaya yang menghargai nilai budaya individu, kepercayaan dan tindakan termasuk kepekaan terhadap lingkungan dari individu yang datang dan individu yang mungkin kembali lagi.
4.        Etnosentris adalah persepsi yang dimiliki oleh individu yang menganggap bahwa budayanya adalah yang terbaik diantara budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain.
5.        Etnis berkaitan dengan manusia dari ras tertentu atau kelompok budaya yang digolongkan menurut ciri-ciri dan kebiasaan yang lazim.
6.        Ras adalah perbedaan macam-macam manusia didasarkan pada asal muasal manusia.
7.        Etnografi adalah ilmu yang mempelajari budaya. Pendekatan metodologi pada penelitian etnografi memungkinkan perawat untuk mengembangkan kesadaran yang tinggi pada perbedaan budaya setiap individu, menjelaskan dasar observasi untuk mempelajari lingkungan dan orang-orang, dan saling memberikan timbal balik diantara keduanya.
8.        Care adalah fenomena yang berhubungan dengan bimbingan, bantuan, dukungan perilaku pada individu, keluarga, kelompok dengan adanya kejadian untuk memenuhi kebutuhan baik aktual maupun potensial untuk meningkatkan kondisi dan kualitas kehidupan manusia.
9.        Caring adalah tindakan langsung yang diarahkan untuk membimbing, mendukung dan mengarahkan individu, keluarga atau kelompok pada keadaan yang nyata atau antisipasi kebutuhan untuk meningkatkan kondisi kehidupan manusia.
10.    Cultural  Care berkenaan dengan kemampuan kognitif untuk mengetahui nilai, kepercayaan dan pola ekspresi yang digunakan untuk mebimbing, mendukung atau memberi kesempatan individu, keluarga atau kelompok untuk mempertahankan kesehatan, sehat, berkembang dan bertahan hidup, hidup dalam keterbatasan dan mencapai kematian dengan damai.
11.    Culturtal Imposition berkenaan dengan kecenderungan tenaga kesehatan untuk memaksakan kepercayaan, praktik dan nilai diatas budaya orang lain karena percaya bahwa ide yang dimiliki oleh perawat lebih tinggi daripada kelompok lain (Leininger, 1985).

c.         Keyakinan Leininger
1.    Keperawatan: cara ilmiah dan humanistik dalam membantu klien melalui proses kepedulian budaya khusus (nilai-nilai, keyakinan, dan praktik) untuk meningkatkan atau mempertahankan kondisi kesehatan.
2.    Klien: individu, keluarga, kelompok, masyarakat, atau komunitas dengan kemungkinan kebutuhan fisik, psikologis atau sosial, di dalam konteks budaya mereka, yang merupakan penerima asuhan keperawatan.
3.    Kesehatan: ditentukan oleh sudut pndang budaya khusus dan orang-orang setempat, budaya yang bergantung pada teknologi memndang kesehatan dan perawatan kesehatan secara berbeda dari masyarakat yang tidak bergantung pada teknologi.
4.    Lingkungan: setiap budaya kultur atau masyarakat di seluruh dunia tempat ethnocaring dipraktikkan oleh perawat yang membantu klien.






BAB III
PEMBAHASAN
Pengertian dari transkultural teori menurut Madeleine Leininger mengenai keperawatan transkultural adalah sebagai sub bidang keperawatan yang difokuskan pada studi perbandingan dengan mempertimbangkan nilai-nilai asuhan keperawatan yang bertujuan untuk mengembangkan landasan pengetahuan ilmiah dan psikologi seseorang, yang berguna untuk menyiapkan praktik asuhan keperawatan yang spesifik dan universal. Teori ini menjabarkan konsep keperawatan yang didasari oleh pemahaman tentang adanya perbedaan nilai-nilai kebudayaan yang melekat didalam kehidupan masyarakat.
Ethnocaring sebuah studi dan klasifikasi sistematis dari keyakinan, nilai-nilai, dan praktik asuhan keperawatan yang diterima oleh budaya melalui bahasa, pengalaman, keyakinan, dan sistem nilai setempat. Sedangkan ethnonursing adalah penggunaan pengetahuan tentang nilai-nilai, keyakinan, dan praktik kultur atau subkultur setempat yang berhubungan dengan kesehatan dan keperawatan.
Fokus utamanya adalah studi psikologi dan ilmiah tentang semua orang dari berbagai budaya mengenai cara-cara perawat dapat membantu orang dengan kebutuhan kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Human caring adalah fenomena yang universal yaitu ekspresi, struktur dan polanya bervariasi diantara budaya satu tempat dengan tempat lainnya.





DAFTAR PUSTAKA

Asmadi. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Brooker, Christine. 2001. The Nurse’s Pocket Dictionary. Edition 31. Terjemahan Andry Hartono. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Christensen, Paula & Kenney, Janet. 2009. Nursing Process: Application of Conceptual Models. Edition 4. Terjemahan Yuyun Yuningsih & Yasmin Asih. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Dirckx, John. 2005. Stedman’s Concise Medical Dictionary for the Health Professions. Edition 4. Terjemahan Huriawati Hartanto, dkk. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Jaypee. 2007. Psychiatric Mental Health Nursing. New Delhi: Basavanthappa.
Kusnanto. 2004. Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Meleis, Afaf Ibrahim. 2012. Theoretical Nursing: Development and Progress. Fifth Edition. Pennsylvania: Wolters Kluwer Health.
Potter & Perry. 2005. Fundamentals of Nursing: Concepts, Process, and Practice. Edition 4. Terjemahan Yasmin Asih, dkk. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.


No comments:

Post a Comment

TEORI DAN MODEL KEPERAWATAN JEAN WATSON

TEORI DAN MODEL KEPERAWATAN JEAN WATSON                                                                                       ...